Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Tips2122 Dilihat

kuncishock.com – Kalian ingin tahu cara cek tagihan bpjs ketenagakerjaan kalian. Disini zeyn akan kasih info tentang hal tersebut. Pastinya mudah dan bisa melalui smartphone kalian. Bisa melalui aplikasi, Situs, atau layanan lainnya. Jadi jangan sampai lewatkan ya artikel ini.

Namun sebelum membahas tentang cara pengecekannya. Disini zeyn akan kasih dulu beberapa info tentang BPJS itu sendiri. Agar kalian lebih memahaminya dan juga menambah wawasan kalian. Jadi bukan hanya menggunakan atau menjadi peserta kalian juga tahu tentang isi dari lembaga tersebut.

Apa sih memang BPJS dan apa saja jenis programnya? Dan bagaimana cara mengetahui tagihannya selain datang kekantor.? Pertanyaan tersebut pastinya sudah ada di benak kalian saat mendengar lembaga bpjs tersebut. Maka dari itu disini zeyn akan jelaskan untuk kalian. Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan

Penjelasan BPJS Dan Program Yang Ada Pada BPJS

Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Ini adalah sebuah Lembaga Badan Hukum yang menjalankan sebuah program atau layanan jaminan kesejahteraan dan kesehatan dari Pemerintah untuk dibagikan kepada masyarakat yang telah bergabung atau menjadi peserta bpjs tersebut.

Layanan atau program bpjs sendiri meliki beberpa program atau layanan. ada BPJS Kesehatan dan ada BPJS Ketenagakerjaan. Pastinya kedua layanan tersebut mempunyai perbedaannya. Untuk mengetahuinya disini juga zeyn akan jeaskan perbedaannya untuk kalian.

Perbedaan BPJS Kesehatan & BPJS ketenagakerjaan

BPJS kesehatan Lebih mengarah ke sistem asuransi. Dimana untuk anggota atau peserta bpjs kesehatan harus menyisihkan sebagian uangnya untuk membayar sebuah iuran jaminan kesehatan masa depan. Ini sangat bermanfaat untuk kalian nantinya.

Baca juga  Cara Pasang Otomatis Kampas Ganda untuk Matic

Dan untuk warga Indonesia yang telah bekerja selama minimal 6 bulan. Waji menjadi peserta bpjs kesehatan. Ini sudah menjadi fungsi pemerintah di bidang pelayanan umum. Dan yang sebelumnya dipegang oleh BUMN.

Dan untuk BPJS ketenagakerjaan adalah layanan pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi resiko kecelakaan kerja ataupun resiko sosial ekonomi tertentu.

Jenis iuran BPJS ketenagakerjaan

Dalam layanan BPJS ketenagakerjaan pastinya ada beberapa jenis iuran yang harus di bayar oleh perusahaan untuk pegawainya. Dan berikut ini penjelasan dari jenis iuran tersebut.

  • JKK atau Jaminan Kecelakaan Kerja Besaran iuran ini ditentukan dari resiko kecelakaan. Untuk kecelakaan Sangat rendah mencapai 0.24%, Untuk tingkat resiko rendah mencapai 0,54%, Untuk resiko sedang mencapai 0,89%, Tingkat resiko tinggi 1,27% dan tingka resiko sangat tinggi 1,74%
  • Jaminan Hari Tua Atau JHT Iuran yang harus dibayar sekitar 2%
  • Jaminan Kematian Atau JK Iuran yang harus dibayar sekitar 0.3%
  • Jaminan Pensiun Sebesar 1% Semua berdasarkan dari gajih pokok kalian masing-masing

Dan untuk pengecekan tagihan BPJS kesehatan. Kalian pastinya bisa melakukan sendiri. Untuk caranya banyak metode atau tutorial yang bisa kalian lakukan saat pengecekan tagihan bpjs ketenagakerjaan. Jadi kalian nantinya bisa tahu berapa tagihan kalian perbulannya.

Lantas metode apa saja yang bisa digunakan untuk pengecekan? Disini zeyn akan jelaskan beberapa metode cara cek tagihan bpjs kesehatan. Untuk kalian mengetahui cara atau langkah pengecekan . Bisa lihat beberapa cara di bawah ini.

Beberapa Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan

Akan ada banyak cara untuk kalian cek tagihan ketenagakerjaan disini. Untuk itu jangan lewatkan artikel yang zeyn buat disini ya guys. Berikut ini langkahnya

Baca juga  12 Cara Mendapatkan Penghasilan di Facebook

Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Via Website

Cara pertama untuk mengecek tagihan BPJS ketenagakerjaan adalah dengan cara menggunakan website resminya. Tentunya hal ini bisa kalian lakukan di smartphone ataupun pc atau laptop kalian. Caranya cukup mudah kok. Untuk kalian yang belum mengetahuinya. Dibawah ini langkah – langahnya.

  • Hal pertama buka aplikasi browser apa saja
  • Setelah itu kalian masukan alamat website resmi dari bpjs ketenagakerjaan yaitu https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Setelah masuk kehalaman utama atau keberanda website tersebut kalian pilij ” Layanan Peserta Tenaga Kerja “ ada di bagian bawah halaman web
  • Setelah masuk kalain pilih lagi ” BPJSTKU “
  • Setelah masuk kalian akan dminta untuk membuat akun atau registrasi. Kalian bisa melakukan registrasi atau login ke website tersebut.
  • Kemudian kalian bisa mendapatkan berbagai informasi tentang bpjs ketenagakerjaan termasuk tagihan bpjs ya.

Menggunakan Aplikasi BPJSTKU Mobile

Selain dengan menggunakan website resminya. Untuk lebih praktis lagi kalian bisa menggunakan aplikasinya. Aplikasi bisa kalian download melalui playstore ataupun appstore dan pastinya gratis untuk kalian download. Disana bukan hanya mengetahui tagihan melainkan berbagai informasi tentang BPJS ketenagakerjaan.

Dan dibawah ini beberapa langkah pengecekan tagihan BPJS ketenagakerjaan

  1. Langkah pertama kalian download dan instal aplikasi BPJSKU Mobile yang ada di playstore atau appstore melalui smartphone kalian.
  2. Kalian bisa Registrasi jika belum mempunyai akunnya. Atau jika sudah bisa langsung Login dengan akun Gmail
  3. Setelah daftar tunggu kode verifikasi masuk ke email kalian dan masukan kode aktivasi tersebut jika sudah masuk di email kalian.
  4. Selanjutnya isi formulir dengan memasukan Nama lengkap sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Masukan Tanggal lahir dan masukan NIK KTP kalian
  6. Selanjutnya isi Nomor KPS atau Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan pada kolom yang disediakan
  7. Isi nomor ponsel aktiv kalian
  8. Masukan kode verifikasi yang masuk melalui sms\
  9. Jika sudah masuk di dalam aplikasi kalian bisa mengecek tahihan bpjs ketenagkerjaan kalian.
Baca juga  10 Tips Packing Baju Untuk Liburan yang Benar ke Luar Negeri

Cek BPJS Ketenagakerjaan Melalui Livin By Mandiri

Selain kedua cara diatas kalian juga bisa menggunakan layanan perbankan digital seperti Livin By Mandiri. Caranya cukup mudah kok. Pastinya kalian bisa melakukan pengecekan melalui mobile bank tersebut. Bahkan sangat simpel dari cara-cara lainnya. Jika kalian sudah memiliki akun atau bank livin by mandiri

Bisa cek dengan langkah-langkah dibawah ini. Simak ya cara atau langkahnya.

  • Langkah pertama kalian download aplikasi Livin By Mandiri melalui playstore ataupun appstore.
  • Setalah itu kalian bisa Registrasi atau Login jika sudah memiliki akun.
  • Jika sudah masuk ke dalam aplikasi dan ke halaman utama dari aplikasi livin by mandiri kalian bisa memilih beberapa menu yang disediakan
  • Pilih menu Bayar kemudian pilih Asuransi setelah itu pilih BPJS kesehatan / BPJS Ketenagakerjaan
  • Selanjutnya kalian bisa langsung mengisi Nomor Virtual Account yang kalian miliki dan Nomor BPJS yang kalian miliki
  • Setelah itu nantinya akan keluar informasi pembayaran dari iuran BPJS ketenagakerjaan kalian di aplikasi tersebut
  • Selesai.

Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Langsung Melalui Kantor BPJS ketenagakerjaan

Selain dengan meode yang praktis melalui smartphone kalian, kalian juga bisa langsung menanyakan ke kantornya dan langsung menanyakan ke petugasnya. Meskipun terbilang ribet dan harus mengatur waktu untuk datang langsung ke kantornya. Tapi cara ini malah yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia

Dengan cara ini sebagian orang berangkapan akan mendapat informasi lebih jelas kepada petugas dan lebih bisa menanyakan berbagai informasi lainnya langsung. Untuk data kekantor kalian hanya perlu membawa dokumen data diri dan daftar untuk antrian setelah itu langsung menghadap petuga di kantor tersebut.