7 Film Mengharukan tentang Penjajahan di Indonesia yang Cocok Ditonton untuk Merayakan Kemerdekaan

Kuncishock News – Merayakan kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilakukan dengan lomba-lomba dan upacara resmi, tetapi juga dengan menonton film-film yang mengangkat tema penjajahan dan perjuangan menuju kemerdekaan.

Film-film ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga pengetahuan sejarah dan inspirasi bagi para penontonnya.

Berikut adalah daftar film-film yang layak ditonton dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78:

 

1. Kadet 1947

Film ini mengisahkan kisah para kadet atau pelajar penerbangan Angkatan Udara Maguwo. Mereka berusaha membantu tentara Indonesia melawan penjajah Belanda selama Agresi Militer I. Meskipun memiliki ambisi kuat, mereka terhalang oleh status mereka sebagai pelajar Angkatan Udara.

 

2. The East

Film ini berkisah tentang komandan pasukan Belanda, Raymond Westerling, yang terlibat dalam pembantaian orang Indonesia yang dianggap pemberontak. Film ini memberikan perspektif unik tentang tragedi yang terjadi selama masa penjajahan.

 

3. Perburuan

Film ini menggambarkan masa penjajahan Jepang di Indonesia. Mengisahkan tentang seorang bekas tentara PETA yang diburu oleh pemerintah Jepang, sementara ada unsur balas dendam yang melibatkan orang-orang terdekatnya.

 

4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

Film ini mengangkat cerita Sultan Agung, raja baru di Kerajaan Mataram Islam. Dia memimpin pasukan melawan penjajah Belanda yang melanggar perjanjian dagang dengan kerajaannya.

 

5. Battle of Surabaya

Film animasi ini bercerita tentang perlawanan rakyat Surabaya saat penjajahan Belanda pada 10 November 1945. Mengikuti perjalanan karakter Musa, tukang semir sepatu yang terlibat dalam perang.

Baca juga  7 Ide Liburan Keluarga Murah Meriah dan Tetap Seru