34 Aplikasi Android Penyusup Rekening yang Berbahaya

Kuncishock News – Belakangan ini, para peneliti keamanan siber telah mengidentifikasi sejumlah masalah serius terkait privasi dan keamanan pada platform Android.

Salah satu isu yang paling mencolok adalah adanya 34 aplikasi Android yang berpotensi membobol rekening penggunanya.

Aplikasi-aplikasi ini ditemukan mengandung malware Hook, yang diciptakan oleh peretas dari kelompok BlackRock dan ERMAC, yang terkenal karena aktivitas perbankan ilegal di Android.

Malware Hook memiliki reputasi yang cukup menakutkan, terutama dalam hal mencuri uang dan informasi penting pengguna.

BlackRock dikenal mampu mencuri uang dan kata sandi melalui aplikasi perbankan, sedangkan ERMAC memiliki kemampuan untuk mencuri informasi kontak dan ID bank pengguna dalam dompet kripto.

Perusahaan keamanan siber asal Belanda, Threat Fabric, menjelaskan bahwa Hook memiliki kemampuan untuk melakukan eksfiltrasi data, termasuk transaksi, tanpa memerlukan kanal tambahan.

Selain mencuri uang, malware ini juga mampu mengunduh file tertentu yang disimpan di perangkat pengguna, menyimpan riwayat obrolan WhatsApp, dan bahkan mengirim pesan menggunakan akun korban.

Penyebaran malware Hook telah dilaporkan di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, Polandia, Kanada, Turki, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugal.

Ini menunjukkan bahwa peretas yang ada di balik malware ini memiliki jangkauan global yang luas.

Sebagai tindakan pencegahan, sangat penting bagi pengguna Android untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi berbahaya ini dari perangkat mereka. Di bawah ini adalah daftar 34 aplikasi yang mengandung malware Hook:

Baca juga  TikTok Menghasilkan Uang Dari Menonton Video Hingga Berjualan di Toko TikTok