Sandiaga Uno Berencana Menarik Turis Melalui Konsep Wisata Demokrasi, Apa Konsepnya?

Kuncishock News – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, memiliki visi yang menarik tentang bagaimana Indonesia bisa memanfaatkan momentum Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 sebagai peluang ekonomi dan wisata.

Ia ingin menghadirkan konsep “wisata demokrasi” yang dapat menarik minat para wisatawan yang tertarik untuk mengikuti proses demokrasi di Indonesia secara langsung, mirip dengan yang telah sukses dilakukan oleh India.

Sandiaga Uno merujuk pada kesuksesan India dalam menggelar wisata demokrasi, di mana India menawarkan paket wisata khusus bagi wisatawan yang ingin mengamati proses demokrasi di negara mereka.

Sandiaga berpendapat bahwa Indonesia, sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, memiliki potensi besar untuk mengadopsi model ini.

Menurutnya, wisata demokrasi tidak hanya berfokus pada Pemilihan Presiden, tetapi juga mencakup seluruh proses demokrasi, termasuk tahap kampanye dan pemungutan suara.

Dengan cara ini, Indonesia dapat menawarkan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan internasional yang ingin mengenal lebih dekat sistem demokrasi Indonesia.

Sandiaga Uno mengidentifikasi target utama wisata dan pesta demokrasi ini, yaitu para pengamat dan peneliti demokrasi, serta wartawan asing.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyediakan paket-paket khusus dan destinasi menarik yang berhubungan dengan proses pemilu, seperti kampanye dan pemungutan suara, untuk para wisatawan yang berminat.

Selain menguntungkan sektor pariwisata, konsep ini juga dapat membantu mempromosikan sistem demokrasi Indonesia ke dunia internasional.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara demokrasi yang unik dan beragam, dan dengan adanya “wisata demokrasi,” hal ini dapat lebih dipahami oleh para wisatawan asing.

Baca juga  Discovering a Tropical Paradise: The Best Hotels in Lombok