Daun Salam Menyimpan Khasiat yang Luar Biasa

Daun salam, yang sering digunakan sebagai penyedap makanan, memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang.

Daun salam berasal dari pohon cemara kecil yang dikenal sebagai pohon bay laurel yang tumbuh di Mediterania. Daun ini memiliki panjang sekitar dua hingga tiga inci dan berwarna hijau.

Berikut adalah sembilan manfaat kesehatan dari daun salam:

1. Melancarkan Pencernaan: Daun salam dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, meredakan sakit perut, infeksi saluran cerna, kembung, sembelit, dan diare.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal: Daun ini memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal dengan merangsang buang air kecil dan mengurangi toksisitas tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Senyawa organik seperti rutin dan caffeic yang terkandung dalam daun ini dapat memperkuat dinding kapiler jantung dan menghilangkan kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

4. Mengelola Diabetes: Daun ini juga dapat membantu mengelola dan mengobati diabetes dengan menurunkan kadar gula darah tubuh dan meningkatkan fungsi insulin.

5. Memberikan Antioksidan: Daun ini kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan karotenoid, yang membantu menurunkan kolesterol darah dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

6. Meringankan Kondisi Pernafasan: Minyak atsiri dari daun salam dapat membantu meredakan infeksi dan gangguan pernapasan jika dioleskan ke dada.

7. Sifat Antikanker: Daun ini memiliki sifat anti-kanker yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas penyebab kanker.

8. Perlindungan Antimikroba: Daun ini juga memiliki sifat antimikroba yang melawan infeksi dari jamur, bakteri, dan protozoa.

9. Mengurangi Peradangan & Membantu Penyembuhan Luka: Ekstraknya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca juga  5 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh

 

Ada dua jenis yang umum digunakan yaitu segar dan kering. Daun salam segar memberikan aroma yang kuat, sementara daun yang kering memberikan rasa yang lebih halus.

Meskipun yg segar lebih mahal, menggunakan daun salam kering yang dihancurkan saat memasak mungkin lebih menguntungkan karena nutrisinya lebih mudah diserap.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, mungkin sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memasukkan ramuan ini dalam makanan Anda untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.