ChatGPT Scan Mata Tukar Bitcoin, Cara Baru Untuk Ambil Data?

Berita, Bisnis, Informasi314 Dilihat

Kuncishock News – CEO ChatGPT Sam Altman telah meluncurkan proyek bitcoin yang diberi nama Worldcoin. Proyek ini memiliki tujuan menciptakan jaringan identitas dan keuangan baru, yang pada dasarnya adalah identitas digital yang memungkinkan pengguna membuktikan secara online bahwa mereka adalah manusia, bukan bot.

Dilansir dari Reuters, proyek ini memulai peluncurannya dengan menggunakan metode pengenalan berbasis pemindaian mata.

Proyek ini pertama-tama akan diterapkan di beberapa negara, termasuk Inggris, Jepang, dan India.

Pada sebuah konferensi kripto di Tokyo, orang-orang antri untuk mendapatkan pemindaian iris mata mereka dengan perangkat yang berbentuk bola perak yang diberi plakat bertuliskan “Orb ada di sini”.

Para pelamar yang berhasil mengantri dan melakukan pemindaian mata akan diberikan 25 token Worldcoin secara gratis, yang menurut perusahaan dapat diklaim oleh pengguna yang telah terverifikasi.

Proyek Worldcoin ini menarik perhatian banyak orang yang hadir di konferensi kripto di Tokyo.

Metode pengenalan berbasis pemindaian mata menjadi taktik baru dalam upaya memverifikasi identitas digital pengguna.

Dengan pemindaian iris mata, Worldcoin berusaha menciptakan cara yang lebih aman dan efisien untuk mengatasi masalah identitas online yang sering kali rentan terhadap tindakan penipuan dan kecurangan.

Namun, langkah ini juga memunculkan beberapa pertanyaan dan kekhawatiran tentang privasi dan keamanan data pengguna.

Pengguna harus memberikan data pribadi yang sangat sensitif, seperti pemindaian iris mata, untuk menggunakan layanan ini.

Ini mengundang pertanyaan tentang bagaimana data tersebut akan disimpan, digunakan, dan dilindungi dari potensi risiko kebocoran atau penyalahgunaan.

Seiring perkembangan proyek Worldcoin, akan menjadi penting untuk memantau bagaimana perusahaan mengelola masalah privasi dan keamanan data pengguna, serta bagaimana regulasi dan hukum perlindungan data dapat diterapkan dalam konteks pengenalan berbasis pemindaian mata ini.

Baca juga  XL Axiata Akses Sehat, Inovasi Konektivitas dan Solusi Kesehatan Pintar untuk Implementasi Rekam Medis Elektronik (RME)

Selain itu, pengenalan berbasis pemindaian mata juga dapat menimbulkan perdebatan etis tentang penggunaan teknologi identifikasi yang sangat canggih.

Beberapa individu mungkin merasa khawatir tentang potensi penyalahgunaan data mata mereka atau penggunaan teknologi ini untuk mengawasi atau melacak aktivitas mereka secara lebih intensif.

Seiring proyek Worldcoin terus berkembang, pertanyaan etis dan keamanan data ini harus diberikan perhatian serius oleh pengembang dan pemangku kepentingan.

Perlu ada transparansi yang jelas tentang bagaimana data mata akan digunakan dan disimpan serta langkah-langkah yang diambil untuk melindungi privasi pengguna.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, tantangan untuk menciptakan identitas online yang aman dan terpercaya akan terus berkembang.

Pengenalan berbasis pemindaian mata adalah salah satu langkah baru dalam mengatasi tantangan tersebut, tetapi juga memunculkan pertanyaan yang kompleks tentang privasi, keamanan, dan etika.