XL Axiata Akses Sehat, Inovasi Konektivitas dan Solusi Kesehatan Pintar untuk Implementasi Rekam Medis Elektronik (RME)

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama Alita Praya Mitra (Alita) memperkenalkan XL Axiata Akses Sehat, sebuah inisiatif konektivitas dan solusi kesehatan pintar yang bertujuan memfasilitasi implementasi Rekam Medis Elektronik (RME). Langkah ini dianggap sebagai langkah konkret dalam mendukung peraturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait penggunaan sistem rekam medis elektronik terintegrasi.

Menurut Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, akses internet yang merata di seluruh Indonesia adalah kunci untuk mendukung layanan kesehatan berkualitas. “Melalui XL Axiata Akses Sehat, kami berkomitmen mendukung inklusi akses internet dan peningkatan kualitas layanan kesehatan,” ujarnya dalam siaran pers pada Selasa (12/3/2024).

Menghadirkan Solusi Terintegrasi

XL Axiata Akses Sehat dirancang sebagai paket solusi yang menggabungkan konektivitas internet dengan teknologi kecerdasan buatan dan Internet of Things (AIoT) dari XL Axiata Business Solutions (XLABS). Solusi ini memiliki tujuan meningkatkan aksesibilitas dan mutu layanan kesehatan di Indonesia, baik di fasilitas kesehatan besar seperti rumah sakit, hingga puskesmas dan posyandu.

“Kami menyediakan solusi terintegrasi dalam satu bundle yang dirancang khusus untuk memperkuat sektor kesehatan di Indonesia,” kata Sharif Lukman Mahfoedz, Group Head Enterprise Product and Marketing XL Axiata.

Teguh Prasetya, Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, menambahkan bahwa koneksi internet yang cepat dan stabil adalah kunci pertumbuhan ekonomi digital, terutama di sektor kesehatan. “Kami berkomitmen terus menerus menciptakan solusi yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia,” tuturnya.

Perangkat Medik Portabel untuk Pencatatan Data Real-Time

XL Axiata Akses Sehat membawa perangkat medik portabel yang terhubung dengan aplikasi petugas kesehatan melalui bluetooth. Ini memungkinkan pencatatan data kesehatan pasien secara real-time dan pengiriman data ke cloud server melalui jaringan gigabit internet XLABS. Dengan demikian, perangkat ini dapat digunakan oleh berbagai fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia untuk deteksi dini dan pencegahan penyakit.

Baca juga  Enhanced Performance and Expanded Core Count Await with Apple's M3 Chip in 2024

Dukungan Terhadap Penerapan RME di Indonesia

Inisiatif ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) nomor 24 tahun 2022 tentang rekam medis dan platform “SatuSehat” dari Kemenkes. Kedua regulasi tersebut menargetkan pencatatan riwayat medis pasien secara elektronik. XL Axiata Akses Sehat bukan hanya mendukung penerapan RME di Indonesia tetapi juga memastikan bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

Dengan solusi ini, diharapkan layanan kesehatan di Indonesia dapat menjadi lebih terjangkau, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Adopsi teknologi kecerdasan buatan dan Internet of Things di sektor kesehatan diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan dan mencapai inklusi akses internet yang lebih luas.

Dengan langkah inovatif ini, XL Axiata dan Alita Praya Mitra turut berkontribusi dalam mewujudkan visi pemerintah untuk menghadirkan sistem kesehatan yang modern, efektif, dan terjangkau di Indonesia. Inisiatif XL Axiata Akses Sehat membuka peluang untuk perkembangan positif dalam penyediaan layanan kesehatan di seluruh negeri.