5 Kebiasaan Sederhana untuk Membantu Mempertahankan Keceriaan Muda

Berita332 Dilihat

Waktu terus berjalan dan usia pun semakin bertambah, namun memiliki penampilan yang segar dan muda bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan seperti 5 kebiasaan sederhana.

Ternyata, kebiasaan yang kita mulai sejak dini dapat memiliki dampak besar pada kesehatan dan penampilan kita di masa depan.

Oleh karena itu 5 kebiasaan sederhana ini mengadopsi gaya hidup sehat menjadi kunci untuk mempertahankan keceriaan muda dan kecantikan.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan sederhana yang sebaiknya kita terapkan agar tetap awet muda, berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber:

 

1. Puasa Intermittent
Dr. Kemunto Mokaya, seorang dokter kulit bersertifikat, mengungkapkan bahwa puasa intermitttent dapat memicu berbagai perubahan dalam tubuh yang dapat memperlambat proses penuaan.

Saat tubuh sedang berpuasa, sel-sel memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan menghilangkan limbah yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Tingkat insulin dalam tubuh turun, yang pada akhirnya dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak di perut. Selain itu, puasa intermiten juga dapat meningkatkan ekspresi gen yang berhubungan dengan umur panjang dan pencegahan penyakit.

 

2. Memahami Teknik Memasak Sehat
Konsumsi makanan yang sehat dapat berdampak pada kondisi kulit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menguasai teknik memasak yang tepat agar dapat meminimalisir efek penuaan pada kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebaiknya hindari menggoreng atau memanggang makanan, dan lebih baik memilih metode memasak seperti mengukus, merebus, dan merebus dengan sedikit air.

 

3. Menjaga Hidrasi Tubuh
Menurut Dr. Mokaya, asupan air yang cukup dapat membantu tubuh mengatur pH dengan lebih baik dan mengurangi peradangan yang dapat berkontribusi pada proses penuaan.

Air membantu tubuh membuang racun, dan semakin banyak kita minum, semakin banyak racun yang dapat dikeluarkan oleh tubuh.

Baca juga  Australia has legalized psychedelics for mental health purposes

 

4. Tidur yang Cukup 7-9 Jam
Tidur yang cukup dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Proses peradangan diketahui sebagai salah satu faktor penyebab utama penuaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit mengikuti ritme sirkadian, dan tidur yang cukup memberikan waktu bagi kulit untuk memperbaiki dan memperbaharui protein kulit seperti kolagen dan elastin.

Tidur yang berkualitas membantu menjaga kesehatan kulit dengan optimal, mengatasi semua kerusakan akibat lingkungan sepanjang hari.

 

5. Rawat Area Mata dengan Baik
Tanda-tanda kantung mata seringkali muncul seiring bertambahnya usia, terutama pada usia 40-50 tahun.

Kondisi ini disebabkan oleh melemahnya ligamen di bawah mata yang biasanya menahan jaringan lemak. Jaringan lemak tersebut dapat mengalami penurunan dan membentuk kantung di bawah mata.

Istirahat yang cukup diperlukan agar sistem peredaran darah kita dapat mengeluarkan cairan ekstra yang terjebak di area mata. Hindari konsumsi makanan dan minuman seperti alkohol, kopi, gula putih, gorengan, tepung terigu, dan garam.

Selain itu, kurangi konsumsi karbohidrat yang berlebihan, karena makanan ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata.

Menerapkan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan penampilan kita secara keseluruhan.

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat sejak dini, kita dapat menjaga keceriaan dan kecantikan kita hingga usia bertambah.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com

Komentar