Gemparkan Dunia! Penelitian Univ Wageningen Belanda: Kopi Cegah Kambuhnya Kanker Usus

Berita888 Dilihat

NEWS – Sebuah penelitian baru kopi cegah kambuhnya kanker usus yang di lakukan oleh penelitian University Wageningen Belanda. Penelitian yang didanai oleh World Cancer Research Fund (WCRF) ini menemukan bahwa minum kopi secara teratur dapat membantu mencegah kambuhnya kanker usus.

Studi baru yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer ini ditulis tim peneliti dari Wageningen University & Research, Belanda. Abisola M Oyelere dari Division of Human Nutrition and Health di kampus ini menjadi penulis pertama, Senin (12/2/24).

Penelitian ini melibatkan lebih dari 3.000 pasien kanker usus yang telah menjalani operasi dan kemoterapi. Para peneliti melacak konsumsi kopi mereka selama beberapa tahun dan mengamati tingkat kekambuhan kanker.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang minum 3-4 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 32% lebih rendah untuk kambuhnya kanker usus dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari 2 cangkir kopi sehari.

“Temuan ini sangat menarik dan memberikan harapan baru bagi pasien kanker usus,” kata Ellen Kampmann, profesor nutrisi dan penyakit di Universitas Wageningen di Belanda, dan ketua tim peneliti. “Kopi tampaknya memiliki efek protektif terhadap kanker usus, dan ini bisa menjadi kabar baik bagi jutaan orang di seluruh dunia yang terkena penyakit ini.”

Kanker usus adalah salah satu kanker yang paling umum di dunia, dengan lebih dari 1,8 juta kasus baru didiagnosis setiap tahun. Sekitar 50% pasien kanker usus akan mengalami kambuh setelah operasi dan kemoterapi, yang dapat berakibat fatal.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kopi dapat menjadi cara sederhana dan efektif untuk membantu mencegah kambuhnya kanker usus.

Kopi mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah pertumbuhan kanker.

Baca juga  The University of Exeter apprenticeship aims to address the shortage of NHS staff

“Meskipun penelitian ini menunjukkan manfaat kopi dalam mencegah kambuhnya kanker usus, penting untuk dicatat bahwa kopi bukanlah obat,” kata Kampmann. “Pasien kanker usus harus tetap mengikuti saran dokter mereka dan menjalani gaya hidup sehat, termasuk diet seimbang dan olahraga teratur.”

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah ternama, International Journal of Cancer, dan telah menarik perhatian media di seluruh dunia. Para ahli mengatakan bahwa penelitian ini memberikan bukti kuat tentang manfaat kopi dalam mencegah kanker usus dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien kanker usus.

Dampak Global

Penelitian ini memiliki dampak global yang signifikan. Kanker usus adalah masalah kesehatan utama di banyak negara, dan temuan ini dapat membantu jutaan orang di seluruh dunia.

Para ahli mengatakan bahwa penelitian ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk minum kopi sebagai bagian dari gaya hidup sehat mereka untuk membantu mencegah kanker usus.

Penelitian Lebih Lanjut

Meskipun penelitian ini menunjukkan hasil yang menjanjikan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini dan untuk memahami mekanisme di balik efek protektif kopi terhadap kanker usus.

Para peneliti juga perlu menyelidiki apakah manfaat kopi ini berlaku untuk semua jenis kanker usus dan untuk semua orang.

Penelitian di Belanda menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat membantu mencegah kambuhnya kanker usus.

Temuan ini memberikan harapan baru bagi pasien kanker usus dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini dan untuk memahami mekanisme di balik efek protektif kopi terhadap kanker usus.