Harga Optimus Lebih Murah dari Mobil Tesla! Ini Dia Bocoran Harga Robot Optimus Buatan Elon Musk

Berita815 Dilihat

KUNCISHOCK – Elon Musk kembali membuat geger dunia teknologi dengan bocoran harga robot Optimus buatan Tesla. Harga Optimus lebih murah dari mobil Tesla, yaitu sekitar Rp 300-400 juta. Informasi ini dibagikan Musk dalam sebuah pernyataan yang dimuat di Electrec pada Jumat (29/3/2023).

Musk yakin bisa mencapai harga tersebut dengan menurunkan biaya produksi. Ia menargetkan Optimus bisa mengambil alih banyak pekerjaan manufaktur dan jasa di masa depan.

“Harga Optimus akan kurang dari setengah harga mobil Tesla,” kata Musk. “Kami ingin robot ini dapat diakses oleh semua orang.”

Optimus merupakan robot humanoid serbaguna yang dapat melakukan berbagai tugas. Beberapa bulan lalu, Tesla meluncurkan Optimus Gen 2, yang mampu mengambil alih tugas berulang dari manusia. Prototipe baru ini menunjukkan banyak perbaikan dibandingkan dengan versi robot sebelumnya yang mengecewakan, dan memberikan kredibilitas pada proyek tersebut, yang ditertawakan oleh banyak orang ketika pertama kali diumumkan.

“Optimus Gen 2 jauh lebih baik daripada prototipe yang kami tunjukkan tahun lalu,” kata Musk. “Robot ini sekarang dapat berjalan dengan stabil, mengangkat benda berat, dan bahkan menari.”

Musk menargetkan produksi massal Optimus dimulai pada tahun 2023. Ia yakin robot ini akan menjadi salah satu produk paling penting Tesla di masa depan.

“Optimus memiliki potensi untuk mengubah dunia,” kata Musk. “Robot ini dapat membantu kita menyelesaikan masalah kekurangan tenaga kerja dan meningkatkan produktivitas.”

Potensi Besar Optimus

Para ahli teknologi menyambut baik bocoran harga Optimus. Mereka percaya robot ini memiliki potensi besar untuk mengubah dunia.

“Harga yang terjangkau membuat Optimus dapat diakses oleh banyak perusahaan dan individu,” kata Dr. David Hanson, CEO Hanson Robotics. “Hal ini dapat mempercepat adopsi robot dalam berbagai industri.”

Baca juga  Report: Upgraded Tesla Model 3 to feature CATL's M3P battery

Dr. James Manyika, chairman McKinsey Global Institute, mengatakan Optimus dapat membantu meningkatkan produktivitas dan menciptakan lapangan kerja baru.

“Optimus dapat melakukan tugas-tugas yang berbahaya, berulang, dan membosankan,” kata Manyika. “Hal ini memungkinkan manusia untuk fokus pada pekerjaan yang lebih kreatif dan inovatif.”

Kekhawatiran dan Tantangan

Meskipun Optimus memiliki banyak potensi dan Optimus lebih murah dari mobil Tesla, ada juga beberapa kekhawatiran yang muncul. Salah satu kekhawatiran adalah robot ini dapat mengambil alih pekerjaan manusia dan menyebabkan pengangguran.

“Kita perlu memastikan bahwa Optimus digunakan untuk menciptakan lapangan kerja baru, bukan untuk menggantikan pekerjaan manusia,” kata Dr. Anna Wood, peneliti di Oxford University.

Kekhawatiran lainnya adalah Optimus dapat digunakan untuk kejahatan atau terorisme.

“Kita perlu memastikan bahwa Optimus aman dan tidak dapat digunakan untuk tujuan jahat,” kata Dr. Peter Asaro, profesor di New York University.

Musk mengatakan Tesla akan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kekhawatiran ini. Ia mengatakan Optimus akan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih dan kode etik yang ketat.

“Optimus adalah alat yang kuat, dan seperti alat apa pun, alat ini dapat digunakan untuk kebaikan atau keburukan,” kata Musk. “Kita harus memastikan bahwa Optimus digunakan untuk kebaikan.”

Bocoran harga Optimus dari Elon Musk menjadi berita yang menarik perhatian dunia. Robot ini memiliki potensi besar untuk mengubah dunia, namun ada juga beberapa kekhawatiran yang perlu di addressed.

Dampak Ekonomi dan Sosial Optimus

Para ahli memprediksi Optimus akan memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi dan sosial. Di satu sisi, robot ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai industri. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Baca juga  Pernyataan Faisal Basri Mengenai Hilirisasi Nikel Ditepis oleh Deputi Luhut

Di sisi lain, Optimus juga dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan bagi manusia, terutama di sektor manufaktur dan jasa. Hal ini dapat meningkatkan angka pengangguran dan memperlebar kesenjangan sosial.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri terhadap dampak ekonomi dan sosial Optimus. Pemerintah perlu membuat kebijakan yang dapat membantu pekerja yang terkena dampak robot ini.

Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, Optimus lebih murah dari mobil Tesla, dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi manusia.