7 Ide Liburan Keluarga Murah Meriah dan Tetap Seru

Tips911 Dilihat

kuncishock.com – Jika bicara soal liburan, pasti yang terlintas di pikiran kamu adalah pergi ke kota-kota lain dan mengunjungi tempat-tempat populer. Padahal, ada banyak ide liburan keluarga murah meriah yang bisa kamu coba tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Momen liburan ini biasa dimanfaatkan untuk quality time bersama keluarga dan melepas penat karena padatnya aktivitas seperti bekerja, sekolah, atau pun kuliah. Liburan juga bisa menyegarkan kembali pikiran kamu, sehingga bisa lebih nyaman menjalankan aktivitas sesudahnya.

Namun, untuk mengisi waktu libur, tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati keseruan bareng keluarga, berikut ini ada beberapa ide liburan keluarga murah meriah yang bisa kamu coba dengan keluarga kamu.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa ide liburan keluarga murah meriah berikut ini.

Ide Liburan Keluarga yang Murah Muriah alias Low Budget

Daftar Isi:

Ide Liburan Keluarga

Mengunjungi pantai

Jika kamu tinggal di daerah yang ada pantainya, kamu bisa mengunjungi pantai bersama keluarga untuk mengisi waktu liburmu. Biasanya, tempat-tempat seperti pantai ini tidak akan menghabiskan banyak biaya. Selain itu, jika pantainya tidak terlalu populer biasanya juga tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

Memanfaatkan suasana sepi di pantai, kamu dan keluarga bisa sepuasnya bermain air dan makan-makan atau barbeque di pinggir pantai dengan pemandangan yang indah dan angin sepoi-sepoi.

Mengunjungi taman kota

Jika tak ada pantai, taman kota pun jadi. Biasanya di setiap daerah atau kota akan ada taman di tengah kota yang sengaja dibuat agar masyarakat bisa berjalan-jalan atau jogging di sekitar sana.

Baca juga  7 Film Mengharukan tentang Penjajahan di Indonesia yang Cocok Ditonton untuk Merayakan Kemerdekaan

Kamu dan keluarga juga bisa mengisi waktu liburanmu dengan pergi ke taman kota. Daripada bosan di rumah, tak ada salahnya sekedar jalan-jalan, wisata kuliner, dan tak lupa mengabadikan momen kebersamaan lewat foto bersama keluarga tercinta.

Berkebun di rumah

Salah satu kegiatan asyik adalah berkebun. Jika kamu malas ke luar rumah namun ingin ada kegiatan bermanfaat bersama keluarga selama liburan, kamu bisa coba berkebun di rumah.

Jika punya halaman yang lumayan luas, coba tanam beberapa bunga seperti krisan yang berwarna-warni dan juga mawar. Untuk memberikan kesan sejuk, kamu juga bisa mulai menanam tanaman-tanaman hijau yang mudah dirawat dan tumbuh tinggi seperti pohon pucuk teh.

Berkebun bersama keluarga juga bisa menambah pengetahuan bagi anak-anak khususnya dalam pengenalan tanaman.

Kunjungi pasar malam

Jika di kota tempatmu tinggal ada pasar malam, kamu juga bisa mengajak keluarga untuk jalan-jalan di pasar malam untuk menciptakan momen bersama mereka.

Biasanya, berbagai wahana permainan anak juga ada banyak tersedia di pasar malam. Sembari jalan-jalan, kamu bisa coba mengajak anak untuk mencoba permainan tersebut.

Tak hanya jalan-jalan, kamu dan keluarga juga bisa menikmati beragam kuliner yang biasanya tersedia di pasar malam tersebut.

Camping atau piknik

Jika ingin merasakan liburan asyik dengan budget murah bersama keluarga, kamu bisa coba camping atau piknik di area rumah. Tak perlu merogoh kocek dalam, camping atau piknik ini bisa kamu lakukan untuk mencari angin segar jika suntuk di dalam rumah.

Kegiatan simpel ini juga dijamin bakal bikin anak-anak betah, karena bisa bermain sepuasnya di alam terbuka.

Hunting foto

Bagi yang suka dengan dunia fotografi, kegiatan hunting foto juga pasti merupakan salah satu cara menyegarkan pikiran. Namun, bagi kamu yang tak paham sama sekali dengan dunia fotografi, kamu juga bisa jadi fotografer dadakan selama liburan.

Baca juga  Fungsi Gigi L Pada Mobil Matic, Pentingnya Pemahaman untuk Pemula

Pergi ke luar rumah dan coba ambil beberapa foto, baik itu foto jalan, lalu lintas yang padat, hewan-hewan yang kamu temui di sekitar, suasana pasar, gedung tinggi, atau objek apa pun yang bisa kamu foto.

Melakukan kegiatan semacam ini akan memberikan kamu perspektif baru tentang beberapa sudut tempat kamu tinggal.

Mengunjungi persawahan

Siapa bilang jika liburan di sawah itu tidak keren? Justru karena ramai dan riuhnya suasana kota, dipadukan dengan polusi di mana-mana, kamu sesekali harus mengunjungi persawahan agar bisa melihat keindahan alam yang tentunya gratis.

Suasana di pinggiran kota memang sangat menyenangkan. Kamu bahkan bisa melepas penat karena lelah bekerja, dengan menikmati angin sepoi-sepoi dan udara sejuk khas persawahan.

Itulah beberapa ide liburan keluarga yang bisa kamu coba lakukan jika ingin liburan dengan budget sangat murah. Sebenarnya ada berbagai macam cara untuk mengisi liburan, yang pastinya tak perlu datang ke tempat-tempat jauh atau mahal untuk bisa dinikmati bersama keluarga.