5 Tips Liburan ke Luar Negeri Murah Meriah dan Buat Pemula

Tips960 Dilihat

kuncishock.com – Jika kamu berencana untuk liburan ke luar negeri, ada baiknya perhatikan dulu beberapa tips liburan ke luar negeri murah berikut agar liburanmu tidak berantakan. Menjelang libur akhir tahun, biasanya banyak yang sudah merencanakan liburan mereka termasuk bagi yang ingin liburan ke luar negeri.

Pergi ke luar negeri adalah impian banyak orang. Keindahan alam dan keanekaragaman budaya dari negeri lain yang sangat indah bisa kamu saksikan meski hanya satu kali. Perbedaan musim dengan di Indonesia juga jadi alasan orang-orang ingin liburan ke luar negeri.

Jika kamu sering menyaksikan drama Korea, China, atau film-film barat, kamu pasti ingin jika suatu saat bisa berlibur ke salah satu tempat itu. Keindahan alam dan suasana yang tentunya berbeda dengan Indonesia pastinya ingin kamu coba sendiri.

Namun, kendala dari liburan ke luar negeri pastinya masalah anggaran dan keamanan, apalagi jika ini merupakan trip pertama kamu ke luar negeri. Tak perlu khawatir, sebelum memutuskan untuk mengunjungi suatu negara, ada baiknya kamu mempersiapkan semua hal secara matang.

Termasuk melihat tips liburan ke luar negeri murah meriah khususnya bagi pemula. Untuk lebih jelasnya, berikut simak tips liburan ke luar negeri buat kamu yang pemula dan pastinya ingin menghemat budget.

Tips Liburan ke Luar Negeri bagi Pemula

Tips Liburan ke Luar Negeri

Pilih negara tujuan bebas visa

Pertama-tama, yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua negara mengizinkan WNI masuk tanpa visa. Visa merupakan surat izin yang sengaja dibuat untuk keperluan seseorang saat akan memasuki negara lain. Visa ini memiliki masa berlaku, untuk visa sekali jalan biasanya berlaku selama 60 hari.

Baca juga  Cara Cek Tagihan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Nah, jika kamu ingin liburan ke luar negeri, usahakan memilih negara yang membebaskan bisa bagi pemegang paspor Indonesia. Mengapa demikian? Karena membuat visa cukup ribet dan memerlukan banyak dokumen dan setelahnya pun belum tentu visa bisa disetujui.

Selain itu, kamu juga harus mengurusnya minimal satu bulan sebelum keberangkatan dan tentunya harus mengeluarkan biaya yang cukup besar kisaran Rp2 juta. Biasanya mereka yang ingin berlibur menghindari negara-negara yang memberlakukan visa agar tidak repot.

Negara-negara bebas visa yang bisa kamu kunjungi di antaranya Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, Thailand, Jepang, Maroko, Oman, Brasil, Fiji, Hongkong, Makau, Filipina, Myanmar, Pakistan, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Usahakan berangkat sebelum atau sesudah high season

Salah satu tips liburan ke luar negeri yang murah meriah yakni memilih waktu keberangkatan. Saat high season, harga tiket, penginapan, dan transportasi biasanya melonjak karena ramainya orang-orang yang bepergian.

Jika ingin menghemat budget liburan, baiknya kamu berangkat sebelum atau sesudah high seasonHigh season biasanya sekitar bulan Desember hingga Februari awal.

Kamu bisa cek harga tiket di aplikasi-aplikasi penjualan tiket, di sana kamu bisa melihat harga tiket hingga beberapa bulan ke depan. Pilih harga tiket paling murah agar bisa menghemat pengeluaran.

Sering cek tiket diskon atau promo

Tips lainnya yakni sering-sering memeriksa promo atau diskon tiket. Biasanya, online travel agent sering mengadakan promo setiap bulan, termasuk harga tiket hingga penginapan.

Dengan menggunakan harga promo, tentunya kamu bisa meminimalisir anggaran untuk liburan. Kamu bisa memilih kode promo dengan potongan tertinggi dan hitung potongan harga tersebut dengan estimasi harga tiket yang kamu cari sebelumnya.

Baca juga  Cara Top Up Higgs Domino Cepat & Mudah Via Pulsa & E-wallet

Jangan pilih hotel sebagai penginapan

Saat liburan ke luar negeri, kamu pastinya akan lebih sering berada di luar dibandingkan berdiam diri penginapan. Untuk itu usahakan tidak memilih hotel sebagai tempat singgah jika kamu liburan ke luar negeri.

Di luar negeri biasanya banyak tersedia hostel atau homestay. Tidak seperti hotel, penginapan semacam ini bentuknya menyerupai rumah biasa yang memang disediakan untuk pendatang senyaman mungkin.

Kamu bisa mulai survei tentang homestay di negara tujuanmu beserta harganya yang sudah pasti jauh lebih murah dari hotel. Tak hanya murah, bahkan kamu juga bisa dapat kenalan baru, lho!

Gunakan transportasi umum yang banyak digunakan

Saat di luar negeri, jika ingin menghemat budget, kamu harus pandai memilih transportasi apa yang akan kamu gunakan. Jika kamu pergi menggunakan taksi untuk setiap destinasi tujuan wisata kamu, bisa dipastikan kantongmu malah bakal jebol.

Di luar negeri seperti Jepang, Korea, China atau negara-negara di Eropa lainnya biasanya banyak yang menggunakan bis atau kereta cepat. Hal ini karena harga transportasi umum ini jauh lebih murah jika kamu harus naik taksi ke mana-mana.

Alternatif lain, jika tujuan tempat wisata tersebut tidak jauh dari tempat penginapan, kamu juga bisa jalan kaki sambil menikmati suasana kota.

Jangan boros saat membeli makanan

Salah satu daya tarik suatu negeri pasti makanannya. Kamu pasti sudah survei sebelumnya makanan apa yang terkenal dan jadi ciri khas negara tujuanmu berlibur. Agar tidak membuang-buang uang, jika harganya mahal beli makanan tersebut secukupnya. Kamu bisa mencicipinya satu kali dan mengabadikannya dengan kamera.

Hal terpenting saat kamu datang ke luar negeri setidaknya kamu sudah mencicipi makanan khas negeri tersebut satu kali.

Baca juga  5 Cara Buka Film Bokeh Full Bokeh Lights Video HD Tanpa VPN

Jangan beli oleh-oleh berlebihan

Sama seperti makanan, kamu juga harus membatasi oleh-oleh yang kamu beli.

Oleh-oleh tentunya tak harus mahal. Tujuan utama kamu membelinya agar kamu bisa mendapatkan kenangan berupa cinderamata dari negara tempat kamu berlibur, bukan? Untuk itu kamu cukup membeli oleh-oleh murah dan seperlunya saja.

Oleh-oleh yang bisa kamu beli di antaranya gantungan kunci, miniatur tempat, atau semacam gelang, kalung, aksesori lainnya.

Bersikap sopan dan jangan malu bertanya

Karena ini adalah liburan di luar negeri yang pertama buat kamu, kamu tentunya tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Meski sudah memperhatikan tips-tips liburan ke luar negeri misalnya, saat di sana akan ada saja hal tak terduga yang bisa terjadi.

Untuk itu kamu harus bersikap sopan dan jangan pernah malu bertanya pada orang-orang di sekitar. Saat menemui kendala, jelaskan pada mereka kendala yang kamu alami dan apa yang seharusnya kamu lakukan.

Itulah beberapa tips liburan ke luar negeri buat pemula yang pastinya murah meriah. Sebelum berangkat liburan, kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang, terlebih jika ini adalah solo travel-mu.