KTT ASEAN menyediakan internet 10 Gbps dan jaringan BTS 5G

Kuncishock News – Peserta Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN (KTT ASEAN) dihadiahi akses internet super cepat. Bahkan, di pusat media acara tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika menawarkan layanan internet dengan kecepatan mencapai 10 Gbps.

Telkomsel juga memperkuat infrastruktur jaringan internet di sekitar lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Selain meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan di 2.590 stasiun basis transceiver (BTS), Telkomsel juga menambahkan 149 BTS 4G/LTE dan menyediakan 5 BTS bergerak, yang dikenal sebagai COMBAT, untuk mengatasi lonjakan trafik di sekitar hotel, titik transportasi, dan tujuan wisata.

Selain itu, ada tambahan 7 BTS 5G yang diaktifkan di titik penyelenggaraan KTT ASEAN, sehingga delegasi dan peserta lainnya dapat menikmati teknologi seluler terkini tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo menyediakan internet dengan kecepatan 10 Gbps di Media Center untuk memungkinkan jurnalis mengirim informasi dengan cepat ke negara masing-masing terkait penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43.

“Dengan kecepatan 10 Gbps, koneksi internet menjadi sangat cepat,” katanya mengenai jaringan internet di Media Center.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, mengungkapkan bahwa Media Center dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 dihadiri oleh 2.500 wartawan, hampir 1.800 di antaranya adalah wartawan asing.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho, menegaskan bahwa konektivitas digital sangat penting dalam penyelenggaraan konferensi internasional seperti KTT ASEAN.

Selain perbaikan infrastruktur jaringan, Telkomsel juga menyediakan kartu prabayar edisi khusus KTT ASEAN 2023 untuk pengunjung dari luar negeri dengan kuota data hingga 200 GB.

Ini adalah upaya kolaboratif yang luar biasa antara pemerintah dan sektor swasta, seperti Telkomsel, untuk memastikan konektivitas digital yang handal selama Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN.

Baca juga  Bridgend medical supplies plant closure threatens 540 jobs

Kecepatan internet 10 Gbps dan peningkatan jaringan serta penyediaan BTS 5G akan memungkinkan peserta KTT dan wartawan untuk mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah ini juga mencerminkan betapa pentingnya teknologi dan konektivitas digital dalam lingkup internasional seperti ASEAN.

KTT ini bukan hanya acara politik, tetapi juga merupakan platform penting untuk berbagi informasi dan mempromosikan kerjasama ekonomi, sosial, dan budaya di antara negara-negara anggota.

Dengan infrastruktur yang ditingkatkan dan akses internet super cepat, diharapkan KTT ASEAN 2023 dapat berjalan lancar dan efisien.

Selain itu, penyediaan kartu prabayar khusus untuk pengunjung asing adalah langkah yang bagus untuk memfasilitasi komunikasi selama acara tersebut.