Lalu Lintas Jakarta Parah Selama KTT ASEAN: Google Maps Berwarna Merah Gelap

Kuncishock News – Penutupan sejumlah jalan di sekitar wilayah Semanggi dan Senayan telah mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang parah di Jakarta. Tampilan Google Maps pun mencerminkan kondisi ini dengan jalan-jalan yang berwarna merah gelap.

Berdasarkan pemantauan pada Rabu (6/9/2023) pukul 10.12 WIB, jalan-jalan utama di Jakarta dan sekitarnya, khususnya yang mengarah dari timur ke barat, ditandai dengan warna merah hati di Google Maps.

Warna merah gelap ini terlihat membentang dari pintu masuk tol di persimpangan Pondok Gede, melalui ruas Tol Dalam Kota, MT Haryono, dan Gatot Subroto, hingga mencapai daerah Semanggi.

Sebaliknya, warna merah gelap juga mendominasi Tol Dalam Kota dari arah barat, dimulai dari sekitar stasiun Grogol hingga kawasan Semanggi.

Akibat kemacetan di Tol Dalam Kota, jalan-jalan di sekitarnya seperti Slipi, Taman Anggrek, dan S. Parman juga terpantau mengalami kemacetan yang cukup parah.

Bahkan, Google Maps melaporkan adanya antrean panjang di tol Tangerang yang menuju Tol Dalam Kota.

Penutupan jalan ini merupakan bagian dari sistem buka-tutup yang diterapkan selama berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (KTT ASEAN) mulai dari tanggal 2 September hingga 7 September 2023.

Penutupan jalan akan dilakukan sesuai dengan waktu para delegasi bergerak dari hotel mereka menuju lokasi KTT atau sebaliknya.

KTT ASEAN tahun ini diselenggarakan di Jakarta mulai tanggal 5 September hingga 7 September 2023 dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Situasi kemacetan yang dihadapi Jakarta selama KTT ASEAN merupakan tantangan yang umumnya terjadi ketika kota menjadi tuan rumah acara internasional berskala besar seperti ini.

Hal ini dapat memengaruhi mobilitas penduduk setempat dan mengakibatkan gangguan dalam rutinitas sehari-hari.

Selama KTT ASEAN, para pemimpin negara-negara anggota berkumpul untuk membahas berbagai isu regional dan kerjasama antar-negara.

Baca juga  National Moving Day ensures continuous movement of trucks in Quebec

Meskipun kemacetan dan gangguan lalu lintas adalah dampak sementara dari acara ini, tujuan utamanya adalah mempromosikan kerjasama dan dialog antar-negara dalam upaya memecahkan masalah bersama dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Masyarakat Jakarta dan pengguna jalan diharapkan untuk memahami situasi ini dan bersabar selama periode KTT ASEAN berlangsung.

Pemerintah biasanya mengambil langkah-langkah khusus untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara ini, termasuk pengalihan lalu lintas dan penutupan jalan-jalan tertentu demi kepentingan keselamatan para delegasi.

Pengguna jalan diharapkan untuk memantau pembaruan lalu lintas dan perubahan rute yang diberlakukan selama KTT ASEAN, serta mencari alternatif transportasi atau merencanakan perjalanan dengan lebih cermat untuk menghindari kemacetan yang parah.