6 Faktor Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh yang Rendah yang Meningkatkan Risiko Penyakit

Kuncishock News – Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh dari infeksi.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat melemahkan sistem imun seseorang, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit. Berikut ini adalah enam penyebab sistem imun yang lemah:

Kurang menjaga kebersihan: Salah satu penyebab utama dari sistem kekebalan tubuh yang melemah adalah kurang menjaga kebersihan.

Lingkungan yang kotor dan kontaminasi dapat meningkatkan risiko infeksi. Oleh karena itu, mencuci tangan dengan baik dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah langkah penting untuk mencegah sistem imun melemah.

Kurang menjaga jarak dengan orang sakit: Kontak dekat dengan orang yang sakit dapat meningkatkan risiko infeksi.

Penyakit menular dapat dengan mudah menyebar melalui kontak fisik atau melalui droplet di udara.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit dan menghindari berbagi makanan atau minuman.

Stres berlebihan: Stres yang berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit.

Mengelola stres dengan baik melalui aktivitas seperti yoga, meditasi, atau berolahraga dapat membantu menjaga faktor kekebalan tubuh tetap kuat.

Kurang tidur: Kurang tidur dapat mengganggu produksi sel darah putih yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Orang dewasa seharusnya tidur minimal tujuh jam per hari untuk menjaga kesehatan sistem imun mereka.

Kurang mengonsumsi makanan sehat: Pola makan yang tidak seimbang dan makanan yang tidak bersih dapat melemahkan faktor sistem kekebalan tubuh.

Penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan memastikan makanan telah dimasak dengan baik.

Baca juga  £24m Princess Royal Hospital care hub showcased in artist's impressions