Aplikasi Verval Dapodik dan Cara Verval Ijasah di HP

Informasi2280 Dilihat

kuncishock.com – Saat ini sudah tersedia versi terbaru aplikasi Verval Dapodik 2024 yang dilengkapi dengan pembaruan dan update. Aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan data pendidikan ini perlu diperbaharui untuk mendapatkan update fitur agar memudahkan pendidik dalam input data.

Karena saat ini sudah tersedia berbagai pembaruan yang akan memudahkan pengguna dalam penginputan data dan validasi pada instansi jenjang pendidikan. Sehingga hal ini perlu diketahui oleh semua tenaga pendidik di seluruh instansi untuk bisa mengoptimalkan penggunaannya.

Simak ulasan yang akan mimin bahas terkait cara update versi aplikasi Verval Dapodik 2024 di bawah ini. Dapatkan juga link unduhan aplikasinya serta cara pemasangan pada perangkat PC yang digunakan. Berikut ulasannya.

Apa Itu Aplikasi Verval Dapodik?

Aplikasi Verval Dapodik

Bagi para tenaga pendidik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Verval Dapodik 2024. Aplikasi ini menjadi salah satu alat untuk mengumpulkan data sekolah dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga jenjang SMA.

Melalui aplikasi ini, pendidik bisa mendapatkan berbagai informasi di bidang pendidikan mulai dari data siswa, pembaruan nilai hingga pembaruan informasi pada lebar dan luas lokasi pendidikan. Karena aplikasi ini menjadi alat yang digunakan untuk input data pendidikan di seluruh instansi pendidikan.

Dilansir dari situs resmi dapo.kemdikbud.go.id, admin Dapodik menyatakan bahwa sudah tersedia versi database terbaru dari aplikasi Verval Dapodik 2024. File dibagikan dalam bentuk master yang dapat tenaga kerja pasang secara langsung pada perangkat PC yang digunakan.

Sebelum melanjutkan pada langkah pembaruannya, pastikan kamu mengetahui beberapa hal mendasar terkait apa saja yang bisa dilakukan melalui aplikasi Verval Dapodik 2024. Simak selengkapnya pada ulasan berikut.

Kegunaan Aplikasi Verval Dapodik 2024

Mungkin di antara kamu masih banyak yang belum mengetahui beberapa kegunakan aplikasi Verval Dapodik. Khsusnya bagi tenaga pendidik yang baru terdaftar atau tergabung di instansi pendidikan, aplikasi ini digunakan oleh semua instansi pendidikan untuk mendapatkan data yang akurat.

Melalui aplikasi ini, pegawai atau tenaga pendidik yang ada di bawah dinas pendidikan akan mengupdate informasi data secara rutin. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa perincian kegunaan aplikasi ini. Kamu bisa ketahui beberapa kegunaannya sebagai berikut.

Aplikasi Pemutakhiran Data Pendidikan

Aplikasi Verval Dapodik 2024 merupakan alat pemutakhiran data pendidikan di seluruh instansi pendidikan di seluruh Indonesia. Melalui aplikasi ini, pendidik bisa mendapatkan data yang lebih valid terkait data siswa, sekolah dan beberapa hal terkait.

Pemutakhiran data akan dilakukan secara rutin dalam kurun waktu satu semester. Sehingga seluruh anggota pendidikan bisa mendapatkan informasi yang akurat dan valid melalui aplikasi ini.

Baca juga  NHS to provide sight-saving drug for preterm infants

Alat Pengumpulan Data Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Verval Dapodik adalah alat untuk mengumpulkan dan mengakses data pendidikan yang akurat. Pengumpulan data tersebut dilakukan oleh semua dinas pendidikan dari tingkat kependidikan provinsi hingga kepala sekolah.

Kini, para operator dapat dengan mudah mendapatkan data terkait kedinasan pendidikan di seluruh jenjang. Sehingga kini, operator pendidik hanya perlu mengakses aplikasi ini untuk bisa mendapatkan data pendidikan yang lebih valid.

Integrasi Data di Semua Jenjang Pendidikan

Selain sebagai alat untuk mengumpulkan data, aplikasi Verval Dapodik 2024 juga bisa digunakan sebagai pacuan untuk mendapatkan informasi pendidikan yang lebih update.

Semua data yang disediakan pada aplikasi ini akan terintregrasi dengan pembaruan yang dilakukan secara rutin. Sehingga pengakses bisa mendapatkan beberapa informasi dengan satuan yang lengkap dan akan terus diperbarui pada setiap periode pendidikan berlangsung.

Pembaruan data pendidikan tersebut akan dilakukan setidaknya satu kali dalam satu semester. Sehingga melalui aplikasi ini, kamu sudah bisa mendapatkan akses informasi data pendidikan yang mudah dengan data yang valid dan terintregasi.

Beberapa Pembaruan di Versi Aplikasi Verval Dapodik 2024

Nah, setelah mengetahui beberapa kegunaan aplikasi Verval Dapodik 2024, tentunya kamu sudah cukup tahu apa saja yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Dan dengan diumumkannya versi terbaru dari aplikasi ini, tentunya seluruh operator pendidik bisa mendapatkan banyak pembaruan pada fitur dan tampilan aplikasi.

Pembaruan tersebut dilakukan untuk memudahkan operator dalam melakukan pembaruan atau input data di instansi pendidikan. Karena akan ada beragam fitur dan tools baru yang akan pengguna temukan yang tentunya akan mendukung proses input data menjadi semakin mudah.

Untuk itu, ketahui beberapa update dan pembaruan yang tersedia di aplikasi Verval Dapodik 2024. Bisa simak beberapa pembaruan aplikasinya pada penjelasan di bawah ini.

Tools Validasi Pada Input Data Sarana di Instansi Pendidikan

Pembaruan pertama, aplikasi ini dihadirkan dengan fitur validasi data sarana prasarana dalam bentuk input data di Data Pokok Pendidikan.

Fitur ini berisi mengenai pengunggahan data terkait tingkat kerusakan sarana pada instansi pendidikan. Sehingga informasi ini memungkinkan dinas pendidikan untuk dapat mengetahui bagaimana keadaan sarana prasarana pada lokasi pendidikan.

Hal ini juga memungkinkan instansi untuk berkesempatan mendapatkan bantuan operasional dalam bentuk sarana dan prasarana. Jadi, operator bisa mengupdate data validasi ini untuk menunjang ketersediakan sarana dan prasarana yang lebih layak pada instansi pendidikan.

Validasi Data Luas Bangunan Pendidikan

Selain itu, versi terbaru Verval Dapodik juga menyediakan fitur input data terkait luas, panjang dan lebar pada lokasi pendidikan. Operator dapat melampirkan informasi dalam bentuk input data terkait ukuran lokasi pendidikan yang valid.

Pengguna juga perlu mengupdate informasi data bangunan pendidikan setiap satu semester untuk memberikan data yang valid. Sehingga dengan tersedianya fitur ini, operator bisa terus memperbaharui data terkait lebar bangunan atau bidang tanah jika ada penambahan atau pengurangan.

Tersedia Fitur Input Nilai UPK

Untuk pembaruan yang selanjutnya tersedia pada input nilai UPK pada instansi pendidikan. Berdasarkan beberapa informasi, akan terus ada ketentuan baru pada penentuan nilai Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK).

Pembaruan ini akan terus menyesuaikan ketentuan yang diberikan pada penentuan nilai UPK yang ditentukan dinas pendidikan. Sehingga akan ada beberapa fitur baru pada tools input data UPK yang bisa pengguna temukan di versi terbaru aplikasi Verval Dapodik.

Baca juga  Daftar Aplikasi Live Streaming Bola Gratis 2024

Perbaikan Masalah Pada Profil Pendidik

Selain penambahan fitur, operator juga bisa mendapatkan pengoptimalan pada fitur yang telah disediakan sebelumnya. Salah satunya pengoptimalan pada masalah profil tenaga kerja pada akun tenaga pendidik.

Seperti masalah pada kesalahan pengunggahan avatar akun, foto tidak dapat ditampilan dan beberapa masalah pada saat memuat halaman profil. Masalah ini dioptimalkan pada pembaruan versi terbaru aplikasi Verval Dapodik.

Sehingga kini, pengakses tidak akan menemukan beberapa masalah di bagian profil akun tenaga pendidik seperti pada versi aplikasi sebelumnya.

Penghapusan Informasi No Rekening BOS dan BOP

Pembaruan juga bisa pengakses temukan pada informasi No rekening BOS/BOP. Kini, informasi terkait No rekening BOS telah dihapus di aplikasi Verval Dapodik dan dialihkan melalui halaman lain.

Sehingga operator dapat memperbaharui informasi terkait nomor rekening melalui halaman lain yang telah ditentukan. Informasi terkait Nomor Rekening BOS juga sudah tidak lagi ditampilkan pada versi terbaru aplikasi Verval Dapodik 2024.

Penghapusan Interface Data Informasi Yayasan

Selain itu, aplikasi ini juga sudah tidak menampilkan informasi data yayasan pada instansi pendidikan. Interface data terkait informasi pendidikan akan dihapus pada versi aplikasi yang terbaru.

Sehingga operator dapat mengunggah informasi dan data penting yayanan pendidikan melalui halaman yang telah diarahkan. Karena semua hal terkait informasi yayasan sudah tidak lagi dapat diakses melalui aplikasi Verval Dapodik yang terbaru.

Pembaruan Validasi Data Lainnya

Tidak hanya pembaruan di atas saja, masih banyak pembaruan yang tersedia dalam bentuk fitur, dukungan, interface dan beberapa tools yang bisa pengguna dapatkan pada aplikasi Verval Dapodik 2024.

Beberapa pembaruan juga tersedia terkait validasi dan input data. Beberapa pembaruan validasi yang dimaksud di antaranya.

  • Update atribut bidang usaha pada jenjang SMK
  • Update pada fitur pengisian data KIP siswa
  • Update pengisian survey data PTM
  • Update pengisian usia peseta didik
  • Update validasi pengisian tugas kepala sekolah
  • Update pengisian data kelulusan bersama
  • Update dan pembaruan lainnya

Dengan mengetahui beberapa update dan pembaruan yang tersedia di aplikasi Verval Dapodik 2024 yang terbaru, tentunya pengakses dapat mengoptimalkan pembaruan data dengan benar. Untuk itu, operator perlu mendownload file master aplikasinya melalui link unduhan yang akan disediakan di bawah ini.

Link Download Aplikasi Verval Dapodik Terbaru 2024

Mengetahui pembaruan versi yang disampaikan dinas pendidikan, setiap operator data instansi pendidikan perlu memperbaharui versi aplikasi Verval Dapodik dengan versi yang terbaru. Dapatkan link unduhan aplikasinya di bawah ini.

Download file master Aplikasi Verval Dapodik 2024 versi terbaru disini.

Pembaruan aplikasi Verval Dapodik 2024 dapat dilakukan dengan mengunduh file master dan melanjutkan pemasangannya pada perangkat PC yang digunakan.

Cara Menggunakan Versi Terbaru Aplikasi Verval Dapodik 2024

Untuk dapat menggunakan versi Verval Dapodik yang terbaru, pengguna perlu mengunduh file master pada link unduhan yang telah disediakan sebelumnya. Untuk cara simpelnya, kamu bisa melakukan pembaruan dengan langkah di bawah ini.

  • Mengunduh master atau file aplikasi pada link unduhan yang disediakan
  • Melakukan instalasi aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya
  • Selanjutnya, lakukan refresh dengan tekan CTRL + F5
  • Melakukan registrasi ulang pada versi aplikasi yang baru
Baca juga  Waymo prioritizes ride-hailing over autonomous trucking

Untuk menggunakan versi aplikasi yang terbaru, kamu perlu melakukan registrasi ulang dan masuk ke dalam akun Dapodik terbaru.

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Memperbaharui Aplikasi Verval Dapodik

Pembaruan versi aplikasi Verval Dapodik 2024 perlu dilakukan secara merata di seluruh instansi pendidikan. Update versi ini perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan tools dan interface terbaru pada penginputan data pendidikan di Data Pokok Pendidikan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui para operator instansi pendidikan setelah memperbaharui versi aplikasi. Bisa kamu simak beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah update versi Verval Dapodik 2024 sebagai berikut.

Memperbaharui Kata Sandi

Hal pertama, setiap operator dan tenaga pendidik perlu memperbaharui kata sandi pada akun di aplikasi Verval Dapodik 2024. Pembaruan kata sandi ini diperlukan untuk menghindari adanya resiko peretasan dan kepentingan keamanan akun pendidik.

Untuk mengubah kata sandi, pengguna bisa masuk pada informasi akun di menu pergantian password. Pengguna harus mengganti kata sandi lama dengan kata sandi yang baru pada menu pergantian kata sandi.

Kata sandi baru yang dimasukkan juga harus terdiri dari kombinasi yang unik dengan huruf besar di awal kata dengan miminal 8 karakter. Pastikan pengguna mengganti kata sandi dengan kata yang mudah diinginkan untuk memudahkan proses login.

Mengecek Informasi Data Akun

Selain itu, setiap operator dan tenaga pendidik juga perlu mengecek kembali informasi pribadi setelah memperbaharui versi aplikasi ini. Karena mungkin, akan ada beberapa informasi baru yang perlu tenaga didik isi di versi terbaru aplikasi Verval Dapodik.

Untuk mengecek informasi data dan akun pengguna, kamu bisa masuk pada menu utama di bagian informasi akun dan data privasi. Kamu juga bisa perbaharui beberapa informasi yang perlu diubah setelah memperbaharui versi.

Kelebihan Aplikasi Verval Dapodik 2024 Versi Terbaru

Selain dilengkapi dengan banyak pembaruan terkait validasi dan pengisian data di Dapodik, aplikasi ini juga memiliki beberapa kelebihan yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut bisa simak beberapa kelebihan aplikasi Verval Dapodik 2024.

Interface Lebih Simpel

Versi aplikasi Verval Dapodik yang terbaru kini dilengkapi dengan interface tampilan yang lebih simpel. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna bisa mendapatkan pengoptimalan fitur termasuk tools yang tidak diperlukan pada informasi data instansi pendidikan.

Sehingga tampilan interface di aplikasi yang terbaru bisa dinikmati dengan lebih simpel saat digunakan. Tentunya pengguna bisa melakukan input data dengan proses yang lebih nyamana pada pengoptimalan interface tampilan aplikasi ini.

Pembaruan Data Lebih Valid dan Terintegrasi

Selain mendapatkan pembaruan pada interface dan tampilan, pengguna juga bisa dapatkan informasi data yang lebih valid pada semua informasi di dinas kependidikan. Versi ini dilengkapi dengan beragam validasi data yang lebih lengkap.

Sehingga ini akan memudahkan operator untuk mendapatkan update data informasi terbaru di Dapodik. Pengguna bisa dapatkan data yang lebih valid dan integritas dengan update yang akan dilakukan secara lebih rutin.

Aplikasi Lebih Ringan Digunakan

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati pengalaman input data dengan performa yang lebih ringan setelah memperbaharui versi aplikasi Verval Dapodik 2024. Pembaruan kali ini dihadirkan dengan performa yang lebih ringan dari versi sebelumnya.

Sehingga versi aplikasi yang lebih ringan tentu akan memudahkan pengalaman input data yang lebih mudah. Tidak hanya itu saja, aplikasi juga akan lebih ringan saat dijalankan dan tentu akan lebih cocok digunakan di semua jenis perangkat PC.

Nah, mungkin itu saja ulasan kali ini mengenai aplikasi Verval 2024. Perlu diperhatikan bagi semua operator dan tenaga pendidik untuk segera update versi dan memperbaharui data pribadi di akun Dapodik melalui aplikasi.

Instalasi aplikasi Dapodik yang terbaru bisa kamu dapatkan pada penjelasan langkah download dan instalasi yang telah disediakan di atas. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba.