Bacaan Doa Qunut Latin & Artinya Lengkap, Serta Waktu Bacanya

Informasi133 Dilihat

kuncishock.comBacaan Doa Qunut – “Bismillahirohmannirohim” Shalat subuh merupakan shalat Fardhu yang wajib di kerjakan oleh umat muslimin. Shalat subuh merupakan salah satu dari 5 waktu shalat yang wajib di lakukan. Dilakukan pada saat mulai terbit fajar sampai batas waktu yang di tetapkan syariatnya.

Salah subuh adalah salat satu shalat yang memiliki waktu singkat yaitu 2 rakaat. Menariknya pada shalat subuh adalah terdapat bacaan sunah yaitu Qunut. Qunut di lakukan pada saat tepatnya setelah iktidal sebelum melakukan posisi sujud pertaman di rakaat kedua.

Namun terkadang doa tersebut masih ada saja yang belum hafal atau mengerti tentang pemahaman makna yang terkait doa tersebut. Biasanya para mualaf, anak yang baru beranjak remaja, Atau yang memang belum pernah mempelajarinya di waktu kecil.

Nah di sini admin akan memberikan ulasan tentang bacaan doa qunut yang insya allah bisa di hafal dan juga semoga para kaum muslimin dapat mengamalkan doa ini saat melaksanakan shalat subuh. Untuk itu di simak ya guys semoga ilmu yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kamu semua.

Lafazd Doa Qunut Serta Artinya

Daftar Isi:

Bacaan Doa Qunut

Untuk bacaan doa qunut, terdapat dua versi yang bisa di baca. Ada bacaan panjang ada juga bacaan pendek. Berikut ini kedua lafazd doa qunut yang bisa kamu hafalkan beserta artinya.

Doa Qunut Panjang

Berikut ini adalah doa qunut panjang dan juga artinya

Bacaan Latin Doa Qunut :
Allahummah dinii fii man haadaiit, Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallaiit, Wa baarik lii fii ma a’thaiit, Wa qinni birohmatika syarra maa qadhaiit, Fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaiik, Wa innahu la yazillu man wa lait, Wa la ya’izzu man ‘adait, Tabarakta rabbana wa ta’alait, Fa lakal hamdu a’la ma qadhait, Astagfiruka wa atubu ilaik, Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin Nabiyyil ummiyyi Wa ‘ala alihi Wa shahbihi Wa sallam.

Baca juga  XL Axiata Off, Migrasikan Live On Hanya Rencana Pengembangan Apk AxisNet

Artinya :
“Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah diriku sebagaimana orang-orang yang sudah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan untukku dari apa yang sudah Engkau berikan. Selamatkanlah diriku dari bahaya kejahatan yang sudah Engkau tentukan. Engkaulah yang berhak menghukum dan bukan dihukum. Tidak akan hina orang yang telah Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau duhai Tuhan kami dan Yang Maha Tinggi. Bagi-Mu seutuhnya pujian di atas apa yang telah Engkau tentukan. Diriku memohon ampun kepada-Mu dan menyatakan bertaubat kepada-MU. Semoga engkau ya Allah mencurahkan rahmat dan karuniamu atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan semua para sahabatnya.”

Doa Qunut Pendek

Adapun bacaan doa qunut yang pendek Beserta artinya adalah sebagai berikut

Bacaan Doa Qunut Pendek :
Allahummah dinii fii man hadaiits, wa ‘aafiinii fii man ‘aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, Wa baarik lii fii maa a’thaits, Wa qi nii birohmatika syarra maa qadlaits, Fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa ‘alaik, Wa innahuu laa yadzillu man waalaits, Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaits.

Artinya :
“Ya Allah, berilah kepadaku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berikanlah kesejahteraan untukku di antara orang-orang yang Engkau beri kesejahteraan, tolonglah diriku di antara orang-orang yang kau beri pertolongan, berikanlah keberkahan untukku dari apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah diriku aku dari semua keburukan yang telah Engkau putuskan, karena sesungguhnya Engkau yang berhak memutuskan dan tidak diputuskan atasMu, dan tidak ada kehinaan kepada orang yang sudah Engkau tolong, Mahasuci Engkau duhai Tuhan kami, yang lagi Maha Tinggi.”

Penjelasan Tentang Doa Qunut

Doa qunut adalah salah satu amalam umat muslim yang hukumnya sunah saat menunaikan shalat subuh. Qunut merupakan shalat yang memiliki arti merendahkan diri kepada Allah swt. Menurut beberapa pakar ulama ada beberapa macam doa qunut.

Baca juga  How to help my friendless and overly reliant husband?

Macam macam doa qunut tersebut ialah, Qunut Shalat subuh, Qunut shalat witir pada paruh di bulan suci ramadan dan juga qunut nazilah ( Qunut yang di baca ketika ada becana ). Tata cara membaca qunut adalah dengan mengangkat kedua tangan sebelum sujud pertama setelah iktidal rakaat kedua.

Jika pada shalat berjamaah. Membaca doa qunut haruslah di baca dengan lantang dan juga keras oleh Imam. Dan makmum mengamini setiap bacaan yang di baca oleh imam terkait doa qunut tersebut.

Manfaat Membaca Doa Qunut Bagi Umat Muslim

Untuk kita orang muslim pastinya di sunahkan untuk membaca doa qunut di waktu shalat subuh, witir bulan ramadhan dan juga qunut nazilah saat terjadi bencana. Rasulullah SAW menganjurkan doa qunut sesuai dengan hadist yang di riwayatkan oleh beliau.

Shalat yang paling utama adalah shalat yang panjang (Bacaan) qunutnya.

Ada banyak sekali manfaat ketika seseorang mengamalkan dan membaca doa qunut. Berikut ini adalah manfaat dari bacaan doa qunut.

1. Allah Swt Senantiasa memberikan petunjuk

Manfaat pertama membaca doa qunut di waktu shalat subuh adalah Allah SWT akan mempermudah segala urusan serta senantiasa di berikan petunjuk dalam setiap permasalahan manusia. Petunjuk tersebut ialah di berikan sebuah hidayah dan juga di ampuni segala dosa dosanya dari Allah Swt.

2. Perlindungan Dunia Maupun Akhirat

Selain manfaat di atas membaca doa qunut di waktu shalat subuh juga memberikan manfaat lainnya. Yaitu diberikan perlindungan oleh Allah swt yaitu perlindungan dunia maupun akhirat. Untuk itu meminta perlindungan dari Allah swt di waktu aktivitas kamu dengan membaca doa qunut.

3. Terhindar dari penyakit hati

Baca juga  Kenaikan Tajam Harga Minyak, CPO, dan Batu Bara: Apa yang Mendasarinya?

Penyakit hati merupakan penyakit yang berbahaya dari pada penyakit yang terlihat seperti fisik. Maka dari itu dengan mengamalkan doa qunut setiap shalat subuh Allah swt akan melindungi kita dan terhindar dari penyakit hati.

4. Diberikan ampunan & Rahmat Dari Allah Swt

Kemudian membaca doa qunut juga kamu akan mendapatkan manfaat lainnya seperti di berikan ampunan dari setiap dosa dosa dan akan mendapatkan rahmat dari Allah swt. “Amin ya rob”.

Ketika Belum Dapat Menghafal Qunut

Untuk kamu yang sudah mengetahui tentang qunut namun belum dapat menghafalnya. Sambil menunggu kamu bisa menghafal doa qunut tersebut. Kamu bisa sementara mengganti doa qunut tersebut. Namun bukan berarti kamu tidak harus menghafalnya.

Berikut ini adalah doa pengganti qunut ketika kamu belum bisa hafal.

Rabbana atina fiddunya hasanahwa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar

Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Penutup

Itulah informasi mengenai bacaan doa qunut. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk kamu semua mulai dari penjelasan doa qunut. Bacaan serta artinya. Juga manfaat dari doa qunut. Terima kasih