Sosok Cawapres Terkuat: Anies Baswedan

Khofifah Indar Parawansa dan Yenny Wahid, yang sebelumnya dianggap unggulan, sepertinya tenggelam, sementara satu nama yang banyak diduga menjadi kandidat terkuat Cawapres adalah Anies Baswedan.

Untuk informasi tambahan, Anies adalah Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan, yang terdiri dari tiga partai, yaitu Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem, Ahmad Ali, menyatakan bahwa peluang Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat, menjadi cawapres Anies sangat besar.

“Makanya kita selalu untuk tidak membicarakan AHY (Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono). Ketika ditanya mengenai peluangnya menjadi Cawapres Anies, peluangnya sangat besar,” katanya seperti yang dikutip pada Minggu (23/7/2023).

Namun, Ahmad Ali menegaskan bahwa semua keputusan mengenai sosok Cawapres yang akan dipilih nanti sepenuhnya ditentukan oleh Anies. Menurutnya, Anies tentu memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan siapa sosok cawapres yang akan menjadi pasangannya dalam pertarungan Pilpres 2024 mendatang.

“Kami bakalan konsisten memberikan amanat kepada Anies Baswedan agar segera memilih cawapresnya. Namun, kewenangan yang diberikan dan siapa yang dipilih harus dapat dijelaskan secara empiris dan saintifik mengapa orang tersebut dipilih,” tuturnya.

Terkait hal ini, AHY juga memberikan pandangannya tentang calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan diusung oleh Koalisi Perubahan. Namun, ia menegaskan bahwa keputusan akhir mengenai hal tersebut akan diserahkan sepenuhnya kepada Calon Presiden 2024, Anies Baswedan.

Pada sisi lain, AHY dan Anies terlihat menonton pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam secara bersama-sama di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada hari Sabtu (22/7/2023). Kabarnya, Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga hadir dalam acara tersebut.

Baca juga  Cardiff University students demand deserving graduation

Herzaky Mahendra Putra, Ketua Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, mengungkapkan bahwa Anies dan AHY terlihat sangat antusias dan tidak sabar untuk menyaksikan hasil akhir pertandingan hari ini.

Herzaky menyatakan, “Kita semua menantikan prestasi apa yang akan dicapai oleh Timnas Indonesia. Terlebih lagi, ada atlet-atlet binaan Pak SBY dan Mas AHY dari LaVani yang turut menjadi tulang punggung timnas Indonesia,” seperti yang dikutip dari CNN Indonesia pada Sabtu (22/7/2023).

disamping itu, sudah ada beberapa namasebagai calon Cawapres Anies, yaitu Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, Yenny Wahid, Andika Perkasa, Ahmad Heryawan, Ahmad Syaikhu, Salim Segaf Al-Jufri, dan Ridwan Kamil.

Sumber : cnbcindonesia.com