eSIM Menguasai, Google Siapkan HP Pixel 8 dengan eSIM Only

Berita, Smartphone298 Dilihat

Kuncishock News –┬áKartu SIM fisik, yang selama ini menjadi komponen utama dalam penggunaan ponsel, mulai menghilang popularitasnya karena kemunculan teknologi embedded SIM atau yang lebih dikenal dengan eSIM.

Pada kenyataannya, eSIM telah menjadi norma di industri telekomunikasi dan ponsel pintar modern.

Di Indonesia, sebagian besar operator telekomunikasi telah menyediakan dukungan untuk eSIM.

eSIM memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah keawetannya. Pengguna tidak perlu khawatir tentang risiko kerusakan atau kehilangan kartu fisik karena eSIM sudah terintegrasi langsung ke dalam perangkat ponsel.

Selain operator telekomunikasi, produsen ponsel pintar juga mendukung peralihan ke teknologi SIM digital ini.

Contohnya adalah Apple yang meluncurkan iPhone 14 dengan dukungan eSIM khusus di Amerika Serikat.

Baru-baru ini, Google juga bergabung dalam tren ini. Laporan dari AndroidCentral, yang dirilis pada Selasa (22/8/2023), menyebutkan bahwa ada kemungkinan HP Pixel 8 akan hadir dalam varian yang hanya mendukung eSIM, atau yang disebut sebagai eSIM only.

Pixel 8 diprediksi akan segera diluncurkan dalam waktu dekat, dan berbagai bocoran mengenai spesifikasi HP tersebut telah beredar luas di internet.

Beberapa di antaranya termasuk sistem operasi Android 14, layar OLED 6,17 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz, chipset Tensor G3, serta kamera utama 50MP dengan sensor Samsung ISOCELL GN2 50.

Leaker terkenal @OnLeaks juga baru-baru ini membagikan render terbaru dari Pixel 8 yang menunjukkan bahwa ponsel ini tidak memiliki slot kartu SIM fisik (SIM tray). Ini adalah indikasi kuat bahwa Pixel 8 akan mengadopsi teknologi eSIM.

Baca juga  Viral Home Depot Girl Twitter